Wednesday, December 14, 2011

Brimob dan OPM Baku Tembak, Paniai Mencekam



foto
TEMPO/ Tjahjono Ep Eranius
TEMPO.COJayapura - Kontak senjata antara Brimob dari Satgas Operasi Tumpas Matoa dengan kelompok bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka Devisi II Makodam Pemka IV Paniai, terus berlanjut hingga malam ini, Selasa, 13 Desember 2011.

“Masih terjadi, kontak senjata dari markas dengan pasukan Indonesia itu dari pagi tadi sekitar jam tujuh sampai malam ini,” kata Juru Bicara Organisasi Papua Merdeka Devisi II Makodam Pemka IV Paniai, Leo Yeimo, Selasa malam.

Ia menyaksikan penerjunan pasukan dalam jumlah besar ke Eduda, markas OPM. “Ada helikopter bolak balik bawa pasukan. Ini sampai malam ini masih terdengar bunyi tembakan,” katanya

Seorang anggota brimob kepolisian RI, Brigadir Satu Supono, terluka dalam insiden baku tembak dengan kelompok bersenjata siang tadi. Supono tertembak di kaki kanan saat penyerbuan ke markas OPM. “Dari pihak kita satu tertembak di kaki kanan. Anggota tersebut sementara dirawat medis,” kata Kepala Kepolisian Resor Paniai Ajun Komisaris Besar Polisi Janus Siregar.

Ia mengatakan, penyerbuan tersebut setelah didapat kabar bahwa kelompok bersenjata akan melakukan aksi di Paniai. “Kita langsung antisipasi, ini murni penyerangan terhadap kelompok itu,” tegasnya.

Situasi Paniai memanas sejak kontak senjata Rabu 30 November 2011 lalu antara Brimob dan TPN/OPM Dev II Makodam Pemka IV Paniai.

Meski berhasil mengusir gerakan bersenjata, belum diketahui persis jumlah korban meninggal dan luka dari insiden tadi. “Mereka sudah kabur semuanya. Kita sudah duduki markas mereka. Kita tetap antisipasi bila ada serangan balasan,” kata Janus.

JERRY OMONA
Source: http://www.tempo.co/read/news/2011/12/13/058371509/Brimob-dan-OPM-Baku-Tembak-Paniai-Mencekam 

No comments:

Post a Comment