Wednesday, October 24, 2012


250 Rumah Terendam Banjir Bandang di Papua

Ratusan rumah warga rusak terendam air.

Senin, 22 Oktober 2012, 14:09Ismoko Widjaya, Banjir Ambarita (Papua)

VIVAnews - Hujan deras yang mengguyur  pegunungan tengah Papua tepatnya di Kabupaten Paniai mengakibatkan banjir bandang disertai lumpur. Ratusan rumah warga rusak terendam air. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Hujan deras yang berlangsung selama beberapa jam membuat Sungai Enarotali meluap. Luapan air sungai merendam rumah penduduk di sekitar Enarotali dan Madi, di Distrik Paniai Timur. Namun, karena warga langsung mengungsi ke lokasi yang tinggi, tidak ada korban dalam bencana itu. 

"Hujan deras Minggu malam membuat terjadinya banjir bandang setinggi 2 meter, merendam 2OO ratusan warga," kata Kapolres Paniai Ajun Komisaris Besar Polisi Anton Diance saat dihubungi, Senin 22 Oktober 2012. 

Hujan deras terjadi sejak pukul 17.00 hingga pukul 22.30 Wit. Belum ada laporan apakah ada korban dalam musibah banjir bandang itu. "Kami masih tunggu laporan dan sekaligus mencari apakah ada korban," kata Anton. 

Daerah yang terkena banjir bandang disertai lumpur yakni:
a. Kompleks perkantoran Pemda Paniai dan Polres Paniai, rumah penduduk di kampung Madi, kediaman kapolres dan Wakapolres Paniai, Kabag Operasional, Kabag Sumda dan mess Perwira Polres Paniai di Madi.
b. Kompleks Pasar lama dan Pasar Baru Enarotali.
c. Polsek Pantim dan asrama Polsek Pantim.
d. Kantar Bank Papua, Kantor Samsat, kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan kantor DPKAD Kabupaten Paniai
e. Rumah penduduk di Enarotali.
f. Rumah penduduk di kampung Nunobado.

Saat ini masyarakat masih tetap waspada karena cuaca di Paniai khususnya Enarotali dan Madi mendung. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paniai akan mendirikan Posko Penanggulangan di kampung Madi, Bapauda, Nunobado dan Enarotali.

"Jumlah rumah yang terendam banjir air dan lumpur sekitar 250 unit, kerugian material akibat banjir Bandang belum dapat diperkirakan," kata dia. (sj)

Source: http://nasional.news.viva.co.id/news/read/361334-250-rumah-terendam-banjir-bandang-di-papua 

No comments:

Post a Comment